Tips Menguasai 8 Bahasa dari Lulusan Terbaik UMM

 Tips Menguasai 8 Bahasa dari Lulusan Terbaik UMM


Mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Daffa Indra Wardhana berhasil menjadi lulusan terbaik. Ia berhasil mendapatkan IPK nyaris prima yaitu 3,99.

Menariknya, lulusan paling baik itu juga menguasai 8 bahasa diantaranya lima bahasa asing dan tiga bahasa daerah. Bahasa asing yang dikuasainya adalah Jepang, Korea, Mandarin, Prancis, dan Jerman.


"Untuk bahasa Perancis dan bahasa Jerman, kala ini tengah sistem belajar," ujar Daffa yang dikutip dari laman UMM.


Sementara itu untuk bahasa daerah yang dikuasainya adalah bahasa Jawa, Banjar, dan Sunda. Mahasiswa asal Blitar itu mengaku telah tertarik mempelajari bahasa sejak duduk di bangku sekolah basic (SD) Cara Cepat Belajar Bahasa Jerman Dengan Metode Menarik .


Bagaimana tips dari lulusan paling baik UMM berikut untuk mempelajari banyak bahasa? Ini penjelasannya:


Tips Belajar Bahasa

1. Mendengarkan Orang Mengobrol

Menurut Daffa tips pertama yang ia laksanakan adalah mendengarkan orang bercerita. Dengan itu, ia mampu paham banyak aksen yang berbeda-beda.


"Saya sesungguhnya bahagia mendengar orang bercerita. Saya bahagia menyimak aksen orang yang berbeda-beda, di samping cerita-cerita yang mereka sampaikan. Dari cerita-cerita itu, aku mampu lebih paham orang lain dan juga memaknai hidup," kata Daffa.


2. Hobi Naik Transportasi Umum 

Daffa mengaku kala berkuliah ia gemar naik transportasi umum. Menurutnya dari perihal itu, ia mampu mengenal beraneka macam orang BELAJAR BAHASA JERMAN, APA SAJA YANG HARUS DILAKUKAN? .


"Zaman awal kuliah, aku bahagia naik bis untuk pulang ke rumah. Di sana yang menjadi kenal beraneka macam orang, dari yang dosen, pegawai, dan juga orang yang punya bisnis besar. Itu sangat menginspirasi saya," ujar Daffa.


Baca juga: Belajar Bahasa Jerman

Simak! 3 Tips Belajar ala Siti Komariah, Pemenang Kompetisi Sains Nasional

3. Membiasakan Diri

Teknik untuk menguasai bahasa setelah itu adalah membiasakan diri dengan bahasa sasaran. Ia laksanakan itu dengan memirsa film dan tv series.


"Dalam studi bahasa, aku cuma membiasakan diri. Saya memirsa film dan tv-series. Saya juga bahagia menyanyi didalam beraneka bahasa itu. Dengan begitu, aku menjadi jadi biasa dan mampu berkomunikasi manfaatkan bahasa itu. Itu kuncinya," kata Daffa.


4. Konsisten Belajar

Belajar bahasa asing pasti saja punya tantangan. Menurut Daffa tantangan terbesarnya adalah banyak bahasa asing yang tidak manfaatkan sistem alfabet layaknya bahasa Jepang, bahasa Korea, dan bahasa Mandarin.


Akan namun ia tak patah semangat, menurutnya menguasai bahasa asing mampu menjadi nilai jadi untuk melanjutkan studi di luar negeri.


"Mempunyai penguasaan bahasa asing sesungguhnya mampu membuat kami punya privilege untuk mampu mendapat beasiswa luar negeri. Itu juga yang memacu stimulus aku untuk terus belajar," kata lulusan paling baik UMM tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keindahan dan Keunikan Furnitur Jepara dalam Dekorasi Rumah Anda

TIPS MENCEGAH SARAF KEJEPIT

Peran Teknologi dalam Meningkatkan Keselamatan Transportasi Umum